Pages

Subscribe:
komunitas aeromodelling jember

04 December 2014

cara membuat pesawat rc dari gabus

halo kawan kawan pencinta aeromodelling. kali ini saya akan memposting cara membuat pesawat aeromodelling dari bahan gabus. Membuat pesawat sendiri selain akan mendapatkan kepuasan disaat melihat pesawat yang kita buat berhasil terbang dengan cantik, tentunya juga bisa menghemat biaya dalah menekuni hobby ini
langsung saja kali ini saya mempraktekkan membuat pesawat cessna.jenis pesawat ini termasuk jenis pesawat trainer sehingga cukup mudah dikendalikan oleh pilot pemula

bahan yang dibutuhkan adalah
1. pola pesawat bisa didapat disini
2. lem gabus
3. gabus polyfoam

peralatan
1. kertas
2.cutter
3. penggaris

elektrik yang digunakan
1. 4 buah servo
2. esc 30 Ampere
3. motor (saya menggunakan turnigy L2210)
4. remote dan reciever (saya menggunakan turnigy 9x)

langkah pembuatan
1. setelah mendapatkan pola pesawat, di print lebih dahulu menggunakan kertas A0. bila sulit mencari printer yang dengan ukuran A0, bisa di print di kertas A4 kemudian di lem dan disambung

2. pola yang sudah di print kemudian di lem di atas polyfoam lalu dipootong dengan cutter sesuai pola



3. setelah semua bagian siap, selanjutnya tinggal merakit dan menyatukan bagian fuselage dengan menggunakan lem gabus

4. bentuk fuselage mulai terlihat


5. lalu dilanjutkan dengan memasang komponen elektrik (servo,motor,esc, dan reciever)


6. lalu dilanjutkan dengan membuat sayap pesawat dengan menggunakan gabus 3cm yang dibentuk airfoil menggunakan hotwire dan dilapis dengan kertas kraft



7. finishing..saya menggunakan lakban biru untuk melapisi pesawat cessna ini karena kebetulan yang ada hanya warna biru..hehe

cara



8 dan inilah saat yang paling dinanti..maideen flight alias terbang perdana..




sekian dulu sharing saya tentang cara membuat pesawat aeromodelling dari bahan gabus.mohon maaf beberapa step lupa di dokumentasi,lain waktu akan saya tambah lagi untuk menambah kekurangan tersebut..

sumber gambar :  www.gaero.org



NOTE :
yang memiliki pertanyaan berikut, silahkan klik link berikut
1. BERAPA BIAYA MERAKIT PESAWAT RC? 
2. POLA PESAWAT CESSNA

84 comments:

  1. Maidennya kapan ini ya....???

    ReplyDelete
  2. lho..gimana ini pak ketua kok gak hadir pas meden...hehehehe

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. bahan pembuat pesawat memakai polyfoam. bila di kota anda tidak tersedia bisa menggunakan foam biasa yang dilapisi kertas layangan..sedangkan untuk elektriknya bisa di beli di hobby shop khusus aeromodelling

      Delete
    2. Gan minta polanya doang kirim ke e-mail .. Iqbalfirdaus11.if@gmail.com sekalian pin bb yaa buat komunikasi

      Delete
  4. mas,bisa bagi skema polanya ga mas? kalo boleh kirim dong ke email fitrayadi13@yahoo.co.id
    pengen nyoba buat tapi ga punya pola mas. hhmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta sekemanya mas email asyikin_sss@yahoo.co.id

      Delete
    2. Boleh minta sekemanya mas email asyikin_sss@yahoo.co.id

      Delete
  5. mas,bisa bagi skema polanya ga mas? kalo boleh kirim dong ke email fitrayadi13@yahoo.co.id
    pengen nyoba buat tapi ga punya pola mas. hhmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pola banyak di internet mas,,,, mau pola bentuk apa???

      Delete
  6. mas kira kira dananya bis berapa yah?
    bwt beli remote,dll?
    pngen nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalu dana bisa dilihat di post biaya merakit pesawat RC mas...
      http://www.jemberaeromodelling.com/2015/03/berapa-sih-biaya-merakit-pesawat-rc.html

      Delete
  7. Mas kan saya sklh penerbangan disuruh bikin rc tapi bingung pembuatanya gimana tolong kasi tutorial di youtube dong!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutorial nya banyak kok di youtube mas.search saja " how to build rc plane"

      Delete
    2. Maas minta gambar pola psawt ya doang .. Kirim ke email saya yaa .. Iqbalfirdaus11.if@gmail.com

      Delete
  8. Bang mean jember mana? Kalok bisa sms ke no 085852502717,mau soalnya qw mau belajar qw di jember bang.tolong ya kabarin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan join grup fb kami mas.dan bisa kontak dengan kami di grup tsb.. terima kasih kunjungannya

      Delete
  9. Propellernya pake type apa ?.trus posisi servo dimana aja letaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pesawat yg saya posting ini, prop nya menggunakan ukuran 7x6. posisi servo 2 biji di sayap untuk aileron, 2 biji sisanya di letakkan di belakang untuk kontrol elevator dan rudder

      Delete
    2. Mas minta polanya donk. Makasih yaah setiawanputra63@gmail.com

      Delete
  10. Mas kalo remote nya tuh beli dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya di toko hobby mas. silahkan search di google ya..atau kalo agan mau titip kita juga bisa kok

      Delete
  11. Mas kalo nyari pola di mana ya di internet nama situsnya apa?

    ReplyDelete
  12. Mas...salam kenal.
    saya tertarik dan ingin belajar aeromodelling.
    Mas.... sayapnya ga pake penggerak ya ? Dalam gambar tidak ada penggerak pada sayap utama/depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas joko santoso.. untuk sayap utama pakai penggerak mas (aileron) mungkin di foto kurang terlihat ya.hehehe.. klo tanpa aileron sebenarnya juga bisa hanya pakai rudder dan elevator cuma respon nya kurang gesit..terima kasih

      Delete
    2. Mas Amara, apa kabar ?
      Mas saya tinggal di Purwokerto, di kota tempat saya tinggal tidak ada toko yang menjual perlengkapan aeromodelling. Apakah bisa membantu saya untuk mendapatkannya ?
      Saya sudah coba membuat body pesawat Cessna 185 dan sudah selesai tinggal mencari motor, RC, dan lain-lainnya yang sesuai dengan ukuran pesawat tersebut.
      Kalau Mas Amara bisa bantu, saya sangat berterimakasih.
      Mohon bantuan dan pencerahannya..... Terimakasih.

      Delete
    3. bisa saya bantu mas Joko, kira kira part apa yg mau dibeli? apa sudah ada list nya? monggo saya bantu order

      silahkan pm di fb saya
      https://www.facebook.com/amara.ditya

      terima kasih

      Delete
    4. Minta donk mas pola nya. Kirim email yow makasih sebelumnya ya setiawanputra63@gmail.com

      Delete
  13. Bos kalo bisa tolong kirimin pola ke dolydifadaifullah@gmail.com, atau dolydifaadaifullah@gmail.com,trus kalo udah ada polanya di printnya gimana cara nentukan besar nya?

    ReplyDelete
  14. Ok bos udah masuk, kalo di print gimana cara buat ukurannya bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di plans itu sudah siap print mas.ukuran kertas A4, nanti di sambung2 pakai lem baru di gunting.lalu tempelkan ke polyfoam,baru deh di potong pakai cutter

      Delete
  15. mas klu motornya pake ukuran brpa kv ,,......?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba search "turnigy L2210" agak lupa kv nya berapa.sepertinya 1650 kv mas..

      Delete
  16. Replies
    1. berat pesawat plus elektrik sekitar 600 gram

      Delete
  17. Bos kalo motor brushless 2200 kv, esc 30a ,ukuran prop nya
    Yg cocok brapa?

    ReplyDelete
  18. kv segitu coba ukuran 8x4 atau 6x4 mas

    ReplyDelete
  19. Bos kalo polyfoam tu dijual di toko apa ya? Soalnya penjual polyfoam online banyak yg gk mau ngirim takut rusak di jalan.. tolong infonya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di kota saya (jember) belinya di toko ATK yg jual peralatan sekolah dan kantor gitu.. klo beli online ada kok.cuma ada jumlah minimal belinya. biar mudah packing dan gak patah di saat pengiriman.

      Delete
    2. bos krm polanya ke emailku dong
      eko_oty@yahoo.co.id
      mksh

      Delete
  20. Gan brapa harganya,kalo cocok saya mau beli juga?

    ReplyDelete
  21. Mas saya kalo mau pesan brapa ya harganya

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. mas, kompnen elektronika apa saja yang dibutuhkan selain diatas, tempat pembeliannya dimana, dan butuh biaya berapa?
    terima kasih........

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan baca artikel di atas sampai selesai mas

      Delete
  24. malem mas amara pesawat sy sdh jadi sesuai plan dan sdh tes terbang tapi masalahnya setiap take off pesawat selalu salto kira2 apa masalahnya ya? mohon pencerahannya dunk mas ,....

    Tks mas

    ReplyDelete
  25. Bisa minta polanya mas hehe kirim ke satria94@gmail.com
    Terimakasih mas sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. plans sudah ada di atas mas

      Delete
    2. Boleh minta pin bbm. Atau Kirim di email ,Edgarazrial11@gmail

      Delete
  26. Mas please tolong kiriman sketsa pola pesawat rc nya , kalau bisa sama ukuran ukuran badan sama sayapnya soalnya saya dari tadi muter muter di blok ini gak ada, sebelumnya terimakasih banyak....gmail saya gumilangmf@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Lam kenal mas saya tertarik mau bikin aeromodeling...mau tanya harga komponennya kira kira berapa ya...?trims

    ReplyDelete
  28. Lam kenal mas saya tertarik mau bikin aeromodeling...mau tanya harga komponennya kira kira berapa ya...?trims

    ReplyDelete
  29. Sore mas, mau tanya mas. Saya kan tertarik sama aeromodeling. Saya pngn mencoba membuat nya. Tapi saya bingung mas mau buat pola nya. Soal nya di blog mas gaada ukuran spesifik nya. Sama boleh minta tolong ga mas minta kirimin pola nya ke email saya sekalian spesifik ukuran nya ini email saya mas @ajipurnama605@gmail.com mohon bantuan nya yah mas saya mau belajar membuat nya soal nya. Termakasih mas

    ReplyDelete
  30. Sama minta pin bb atau nomer WA nya mas. Biar gampang kalo mau konsultasi nya. Soal nya saya belum paham mas. Mohon bantuan nya yah mas sekali lagi. makasih.

    ReplyDelete
  31. Sore mas, mau tanya mas. Saya kan tertarik sama aeromodeling. Saya pngn mencoba membuat nya. Tapi saya bingung mas mau buat pola nya. Soal nya di blog mas gaada ukuran spesifik nya. Sama boleh minta tolong ga mas minta kirimin pola nya ke email saya sekalian spesifik ukuran nya ini email saya mas @ajipurnama605@gmail.com mohon bantuan nya yah mas saya mau belajar membuat nya soal nya. Termakasih mas

    ReplyDelete
  32. prop brapa itu mas ?

    ReplyDelete
  33. Min tolong minta pola dong..
    Kirim kesini ya... rizam.cholid@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Saya juga mau dong mas minta pola nya..
    gcipta.aji@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Saya bingung itu dibagian mesin sama remote nya, kalo ada mesin saya bisa buat :D

    ReplyDelete
  36. Please share ukuran2 nya sekalian mas, biar gampang untuk ditiru

    ReplyDelete
  37. Mas polanya tolong dong dikirim ke adithya77711@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Mas polanya tolong dong dikirim ke adithya77711@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Mas tolong kirim polanya ke email ya mas. Ini email saya tiranggawiradinatamulya@gmail.com terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  40. salam kenal mas....saya mau tanya ...battrenya menggunakan ukuran berapa..trim's

    ReplyDelete
  41. mau tanya ukuran battrenya berapa mas ?

    ReplyDelete
  42. Mass kirimin polanya ke e-mail saya dong rianaristian@gmail.com mohon bantuannya maas

    ReplyDelete
  43. kalau dengan diatas kita pakai styrofoam 1 cm bisa gak om

    ReplyDelete
  44. mas minta pola pesawatnya dong @yodifm

    ReplyDelete
  45. mas boleh minta pola pesawatnya @yodifm

    ReplyDelete
  46. mas boleh minta pola pesawatnya @yodifm

    ReplyDelete
  47. mas kirim modelnya ke emailku dong grenly_69@yahoo.co.id

    makasih..

    ReplyDelete
  48. Boleh minta polanya mas..?
    ezakurniaa27@gmai.com

    ReplyDelete
  49. Pakai batrai yg brp mah dan brp cell mas pesawat cessna yg di video itu?

    ReplyDelete
  50. Gan boleh minta polanya?
    vaisalramdan01@gmail.com

    ReplyDelete
  51. mas..! kl boleh...polanya di kirim ke
    joell_david@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  52. Mas.. Boleh minta polanya bayu22nurwicaksono@yahoo.com terimakasih mas

    ReplyDelete
  53. Mas minta tolong kirimin polanya ke saya ya bayu22nurwicaksono@yahoo.com terimakasih

    ReplyDelete
  54. Mas kalau pakai Styrofoam 1,5 cm bisa gak?
    Atau harus dilapisi apa gitu...

    ReplyDelete