Pages

Subscribe:
komunitas aeromodelling jember

19 March 2015

berapa sih biaya merakit pesawat rc?

halo kawan kawan, kali ini saya ingin sharing tentang berapa sih biaya yang diperlukan untuk merakit pesawat rc ?. oke kawan kawan, melanjutkan posting sebelumnya yaitu tentang cara membuat pesawat rc dari gabus dimana di postingan tersebut hanya membahas tentang merakit pesawat rc saja tanpa detail biaya yang dibutuhkan. Lumayan banyak juga saya terima email dari pembaca yang menanyakan kira kira berapa sih modal awal untuk bisa bermain pesawat remot control ini? baiklah kawan kawan. semoga di postingan kali ini saya bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa hobby aeromodelling adalah hobby yang sangat mahal. Info simpang siur dan sepotong sepotong yang diterima oleh masyarakat semakin melambungkan hobby aeromodelling ini ke jajaran hobby mahal. Bahkan saya sempat mendengar obrolan mahasiswa di bus tentang aeromodelling yang mengatakan "buset, main aeromodelling mahal banget..remot nya saja bisa ratusan juta". Jujur saya hanya tersenyum mendengar hal tersebut karena bila benar harga remotnya sata ratusan juta, mending saya pilih renovasi rumah saja daripada terjun di hobby ini :) hehehe. Lalu berapa sebenarnya biaya hobby aeromodelling ini? benarkah perlu ratusan juta untuk sekedar remot saja?

baiklah saya coba kupas satu demi satu ya. hobby aeromodelling bisa disebut hobby mahal ataupun tidak tergantung dari niat kita. lho kok bisa? ya tergantung dari diri kita ingin terjun di mana. RC heli, RC pesawat,enggine,elektrik,home made atau pabrikan? saya pribadi dulunya memulai hobby ini dari RC heli.Tidak terbayang sudah berapa rupiah yang harus saya keluarkan tiap bulan demi membeli sparepart heli hingga akhirnya pindah ke RC pesawat dan menemukan kedamaian..hehehehe. RC Pesawat ternyata tidak semahal yang saya duga sebelumnya. apalagi bila bisa berkreasi membuat pesawat sendiri tentunya lebih menekan biaya. bermain aeromodelling tentu tidak lepas dari resiko jatuh, bila kita bisa membuat pesawat sendiri, tentunya juga bisa reparasi sendiri atau bahkan bila pesawat sudah tidak layak pakai bisa langsung dibuang dan membuat yang baru. 

oke kawan kawan langsung saja kita kupas yuk kisaran biaya merakit pesawat RC, perangkat yang "WAJIB PUNYA" yaitu :

1. Remote dan Reciever

ya iyalah. namanya juga mau main RC. jadi perangkat ini wajib punya. bisa dibilang ini adalah jantung dari hobby aeromodelling. Remote dan Reciever (biasa disingkat TX-RX) biasanya bila kita membeli tx baru sudah disertakan 1 buah rx. bila ingin menambah koleksi pesawat tidak perlu membeli remote baru, cukup beli rx tambahan saja lalu di binding ke tx tersebut dan di simpan ke memori ke 2. begitu seterusnya. namun tergantung juga jenis remot yang anda pilih ya. Remot canggih umumnya menawarkan fitur memori lebih banyak daripada remot biasa. memilih remot untuk pemula cukup membingungkan. namun kali ini saya asumsikan saya sedang ingin menekan biaya, jadi saya pilih remot merek HK (4 channel). Estimasi harga saat ini Rp.600.000,-

2. Brushless ESC

ESC kependekan dari Electrik Speede Control. fungsinya agar motor bisa merespon gerakan throttle. jadi pada saat baterai di masukkan, motor tidak semerta merta "gas poll" tetapi bisa pelan,sedang,hingga ngebut tergantung perintah dari remote. untuk membuat pesawat cessna seperti postingan saya sebelumnya,saya menggunakan esc merk turnigy 45 Ampere. estimasi biaya Rp.300.000,-


3. Brusless motor

banyak orang menyebut "dinamo" padahal itu keliru. motor listrik dan dinamo memiliki prinsip kerja yang berbeda..tetapi ya sudahlah, kita lanjut saja..saya menggunakan motor turnigy L2210 250 watt. motor ini mampu mengeluarkan daya tarik sekitar 650 gram menggunakan prop ukuran 7 x 6 dengan baterai 3 sell. estimasi harga : RP.200.000

4. Servo

fungsi servo adalah sebagai penggerak dari control survace pesawat..hmm.bahasa gaulnya sih biar pesawat bisa belok kanan kiri, naik turun dan berputar (roll). untuk pesawat dengan fungsi kontrol 4 channel, kita perlu 4 servo diantaranya 1 untuk elevator (naik-turun), 1 untuk rudder (kanan-kiri) dan 2 untuk aileron (roll). aileron membutuhkan 2 servo karena letak sayap yang berjauhan antara kanan dan kiri, namun bila anda kreatif, penggunaan servo aileron bisa di hemat menjadi 1 saja. estimasi harga servo adalah Rp 65.000 dan saya gunakan 4 servo berarti total Rp 260.000,-

5. Propeler

baling baling atau biasa disingkat "prop". untuk spec seperti di atas saya menggunakan ukuran 7 x 6. kisaran harga Rp 20.000 


6. Baterai

baterai yang saya gunakan yaitu turnigy 2200 mah 3 sell. kisaran harga Rp.350.000

7. charger

saya sarankan menggunakan charger yang baik. yaitu charger digital yang mampu menjaga baterai lipo anda tetap awet dan sehat. saya gunakan turnigy accucel plus adaptornya dengan harga sekitar Rp 650.000

Total biaya dari perangkat elektronik yang "wajib punya" adalah Rp.2.380.000,-
setelah ke tujuh perangkat itu anda miliki, selanjutnya tinggal membuat pesawatnya deh.estimasi saya membuat 1 pesawat membutuhkan 1 lembar polyfoam 5mm, foam biasa, kayu lis untuk wing spar, kertas samson untuk cover, cat dll sekitar Rp 100.000,-


jadi bisa disimpulan perkiraan biaya untuk membuat sebuah pesawat RC untuk pertama kali sekitar Rp 2.480.000,- saya bulatkan menjadi Rp.2.500.000,-. Bagaimana? apakah masih menganggap hobby aeromodelling adalah hobby mahal berharga ratusan juta? :)  bila anda ahli menerbangkan pesawat tentu pesawat nya akan awet, namun bila terjadi crash, biaya repairnya tidak akan lebih dari Rp 50.000,- atau bisa Rp100.000,- bila anda memutuskan membuat pesawat baru (dengan asumsi semua part elektroniknya selamat ya.hehe)

oke kawan kawan sekian dulu ya share saya tentang biaya merakit pesawat rc.semoga bermanfaat

31 comments:

  1. Mantab gan infonya (y)

    untuk koleksi2 video tentang komunitas-komunitas aeromodelling silahkan kunjungi channelnya disini


    https://www.youtube.com/c/jemberaeromodellingjam

    ReplyDelete
  2. Maaasss saya tertarik nih ... Mas komunitasnya apa ? .. Kalau di jakarta beli part itu dimana ya ? Di tokopedia ada ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tokopedia ada mas. . kalo saya di jember. di jakarta banyak kok toko hobby mas.

      Delete
    2. mas kalo saya dari solo bisa juga nggak beli partnya itu dimana

      Delete
  3. untuk remote cari yg second aja banyak ko yg jual...

    ReplyDelete
    Replies
    1. second juga bisa jadi pilihan yang penting kondisi masih baik :)

      Delete
  4. Ohya mas saya di jember ni
    Toko drone di jember dimana ya..

    ReplyDelete
  5. Mas aku punya remot control helikopter bisa dipake gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. heli infrared ya mas? banyak tutorialnya bikin pesawat pakai remot jenis itu tapi jujur saya gak bisa bikinnya dan gak telaten.hehehe.. monggo di cari tutorialnya mas

      Delete
  6. mas saya mau beli alat elektronik yang wajib punya gimana mas?

    ReplyDelete
  7. mas saya dari solo jateng kalo saya mau beli alat elektronik yang wajib punya gimana?

    ReplyDelete
  8. mas saya dari solo kalo beli partnya itu dimana

    ReplyDelete
  9. sori om newbie mau tanya soal transmitter, klo kita punya transmitter yg 6ch ke atas misalkan, bisa gak cuman dipake 4ch aja seperti di jelasin di atas,.. thanks.

    ReplyDelete
  10. maaf om newbie mau tanya soal transmitter, kalo kita pake transmitter yg 6ch misalkan trus dipake nya cuman 4 ch kyak diatas 1 elevator, 1 rudder, sama 2 aileron,. itu bisa gak ya?

    ReplyDelete
  11. Mas..saya lagi di luar negeri...bisa gak untuk peralatan 1 set pesawat minta dikirim ke sini..mahal gak biayanya mas...!!thanks

    ReplyDelete
  12. Mas ad yg jual remote tx n rx bekas 4 ch apa gak...

    ReplyDelete
  13. luar hegrinya dimana ? sy pernah di taichung taiwan disana apa pabrik peralatan aeromodeling

    ReplyDelete
  14. Saya mau pesan alat nya ,,,tlp saya 081271079956

    ReplyDelete
  15. mas beli polyfoam dimana yah????, sama ini, klo mau buat desain sendiri ada perhitungannya ga sih mas?

    ReplyDelete
  16. mas beli polyfoam dimana sih? sama ini, klo mau buat desain sendiri,itu ada perhitungannya gak sih?

    ReplyDelete
  17. Saya di lumajang.
    Ada gak gan...

    ReplyDelete
  18. mas kalo beli komplit sama mas berapaan mas?

    ReplyDelete
  19. Wah banyak juga, fulusnya...

    ReplyDelete
  20. Ada video cara membuat n ngerakit komponenya gak

    ReplyDelete
  21. kalo beli yg langsung jadi kira" berapa mas.......?

    ReplyDelete